Burung yang Menjadi Lambang Kantor Pos Indonesia Adalah Burung?

Follow us

Lambang Kantor Pos

Kantor Pos Indonesia sudah menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat di Indonesia. Tidak hanya sebagai sarana untuk mengirim dan menerima surat, kantor pos juga memberikan berbagai layanan seperti pengiriman paket, transfer uang, dan lain sebagainya. Namun, tahukah Anda bahwa lambang dari kantor pos Indonesia adalah burung merpati? Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut mengenai sejarah dan makna di balik lambang kantor pos Indonesia yang sudah sangat akrab di mata masyarakat Indonesia.

Sejarah Kantor Pos Indonesia

Kantor Pos Indonesia pertama kali didirikan pada tahun 1746 oleh VOC (Vereenigde Oostindische Compagnie), sebuah perusahaan perdagangan Belanda di Indonesia. Kantor pos ini dikenal dengan nama De Post Paauw, yang berarti "Kantor Pos Merpati". Nama ini dipilih karena pada saat itu burung merpati sering digunakan sebagai kurir untuk mengirim surat dan pesan penting.

Setelah kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, Kantor Pos Indonesia resmi menjadi milik pemerintah Indonesia dan diubah namanya menjadi Pos dan Giro. Pada tahun 1978, kantor pos ini kembali berganti nama menjadi PT Pos Indonesia (Persero) dan hingga kini tetap menjadi perusahaan milik negara yang menguasai sebagian besar pasar pengiriman surat dan paket di Indonesia.

Lambang Kantor Pos Indonesia

Lambang kantor pos Indonesia berbentuk persegi dengan background warna kuning. Di bagian tengah terdapat gambar burung merpati yang sedang terbang dengan posisi sayap yang terbuka. Di atas gambar burung merpati terdapat tulisan "PT. Pos Indonesia" dan di bawah gambar terdapat tulisan "1983".

Makna Lambang

Lambang kantor pos Indonesia yang menampilkan burung merpati mempunyai makna yang dalam. Burung merpati selain sering digunakan sebagai kurir pada zaman dahulu, juga dianggap sebagai lambang kedamaian dan kebebasan. Selain itu, warna kuning pada background lambang melambangkan kegembiraan dan kebahagiaan. Sedangkan, warna biru pada burung merpati melambangkan keamanan dan kesetiaan.

Lambang kantor pos Indonesia tidak hanya menjadi identitas dari perusahaan, tetapi juga menjadi simbol bagi masyarakat Indonesia tentang pentingnya mengirim dan menerima surat serta paket sebagai sarana berkomunikasi.

Keberadaan Burung Merpati di Kantor Pos Indonesia

Meskipun teknologi yang semakin canggih telah menggantikan peran burung merpati dalam pengiriman surat, tetapi burung merpati tetap dijadikan sebagai maskot atau lambang dari kantor pos Indonesia. Kantor pos Indonesia secara berkala juga melaksanakan pembebasan burung merpati untuk memperingati Hari Bhakti Pos dan Telekomunikasi.

Kesimpulan

Lambang kantor pos Indonesia yang menampilkan burung merpati tidak hanya sekedar identitas perusahaan, tetapi juga memiliki makna yang dalam dan melambangkan kepentingan mengirim dan menerima surat serta paket dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Meskipun burung merpati tidak lagi digunakan sebagai kurir, tetapi kehadirannya dalam lambang kantor pos Indonesia masih sangat berarti bagi masyarakat Indonesia.



How to Install Darktable on Ubuntu
How to Download Songs on Spotify
ID Telegram Yang Mana? Cara Mencari Id Telegram
How to Turn Off Notifications for Apps on iPhone
Simple Python Script Example With Main
© 2024 MyPurTech